pks
Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Aning Rahmawati, menggelar reses di salah satu titik Dapil 3, Kelurahan Bulak, Senin pagi (15/2/2021). (Rama/PIJARNEWS.ID)

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, menggelar reses di salah satu titik Dapil 3, Kelurahan Bulak, Senin pagi (15/2/2021). Dalam kegiatan tersebut, Aning memaparkan, dana kelurahan yang dialokasikan di 2021.

Sekretaris fraksi PKS itu menilai, harusnya dana tersebut mengakomodir Musrenbang tahun 2020 yang tidak bisa dicairkan di tahun tersebut, dan ini diinformasikan oleh kelurahan pada masyarakat saat musrenbangkel. Namun kenyataannya, pemahaman ini tidak diberikan secara jelas dan merata.

“Ini bisa berakibat pada masyarakat merasa di PHP dan apatis terhadap Musrenbang,” ujarnya.

Selain itu, keluhan masyarakat terkait dengan Musrenbang mewarnai reses yang dilakukan Aning Rahmawati. Berkali kali masyarakat mengajukan permohonan namun tidak ada yang cair. Khususnya, pengajuannya berupa fisik drainase.

Masih kata Aning, Ini terjadi tidak hanya di satu titik namun hampir di semua titik reses, Musrenbang yang sering dikeluhkan adalah fisik, terutama daerah yang setiap kali hujan cenderung banjir. Seperti kelurahan Bulak, Rungkut. Serta masalah bau pada saluran Mulyorejo.

“Banjir terus terjadi dan parah, namun saluran hanya diukur berulang kali tapi tidak dikerjakan. Tidak hanya pencairan namun juga kesulitan untuk aplikasi Musrenbang. Hal lain juga berkaitan dengan transparansi, atau jika ditunda apakah bisa pengajuan lagi atau tdk, semua tidak jelas,” jelas Aning.

Menurutnya, pemerintah kota harus memberikan fasilitas untuk kemudahan Musrenbang. Apakah dengan memberikan pendamping di tingkat RW atau di tingkat kelurahan. Sehingga, lanjut Aning, masyarakat bisa memahami dengan baik, apa yang benar benar diajukan, serta prioritasnya.

BACA JUGA :  PPKM Mikro, Pemerintah Kelurahan di Surabaya Gelar Tracing

“Cara maupun progres pelaksanaannya harus transparan, atau alternatif yang lainnya dalam aplikasi Musrenbang bisa memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya,” tandasnya. (ram/mad)