Rumah Dua Lantai Diamuk Si Jago Merah, Begini Kronologi Kejadiannya

0
50
Kebakaran
Petugas PMK, dan Linmas, sedang memberikan pertolongan pertama korban kebakaran, yang menghanguskan rumah dua lantai, samping hokky buah, Senin (15/2/2021). (Rama/PIJARNEWS.ID)

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Kabid Pembinaan dan Operasional Dinas PMK Kota Surabaya, Bambang Vistadi, mengungkapkan, 18 unit yang dikerahkan meliputi 3 Unit Tempur Rayon 1 Pasar Turi, 1 Unit Tempur Pos Grudo, 2 Unit Tempur Rayon II Tambak Rejo, 2 Unit Tempur Walang Kadung Tim Rescue Orong-Orong, 1 Unit Matra Tim Rescue Orong-Orong.

Lalu 2 Unit Rescue Tim Rescue Orong – orong, 1 Unit Tangga Bronto Skylift 42m Tim Rescue Orong – orong, 1 Unit SCBA Tim Rescue Orong – orong, 1 Unit Tempur Pos Menur, 1 Unit Tempur Rayon IV Poskotis Joyoboyo, 1 Unit Tempur Pos Pakis TVRI, 1 Unit Tempur Rayon III Rungkut, serta 1 Unit Tempur Pos Sukolilo.

“Peristiwa kebakaran yang menghanguskan rumah dua lantai, samping hokky buah, ketika petugas damkar melaksanakan penyemprotan di Jalan Kenongo. Setelah melaksanakan penyemprotan saat perjalanan ke Jalan Kebangsren, petugas melihat ada asap di sekitar bambu runcing,” kata Bambang, Senin (15/2/2021).

Rayon I WS, lanjut Bambang, melaju menuju ke titik asap. Setelah mendekati hokky atau titik asap, ternyata yang terbakar 1 rumah. Rayon I WS laporan ke Command Center dan langsung melakukan pemadaman. Petugas juga menanyakan kepada pemilik rumah dan dinyatakan masih ada keluarganya 4 orang di dalam rumah.

“Kemudian dilakukan pembagian tugas oleh danru untuk penyelamatan korban di dalam. Danru masuk dan juru padam membasahi APD. Saat didalam rumah danru melihat 4 orang yang berada didalam rumah. Laki laki usia sekitar 35 dan 70 tahun, bersama Perempuan berumur 65 dan 32 tahun,” jelasnya

BACA JUGA :  Propam Polda Jatim Lakukan Pemeriksaan Senpi Anggota Setiap Satker Jajaran

“Salah satunya berusaha untuk memadamkan api agar 3 orang berusaha menyelamatkan diri. Danru langsung mengevakuasi korban dengan menggendong laki laki usia 70, kesulitan berjalan, dan membuatkan jalur keluar,” sambungnya.

Petugas berhasil menyelamatkan korban dengan bermodalkan helm, lengkap dengan senter untuk penerangan agar mengetahui jalan keluar. Tentu tidak mudah, karena di depan rumah lantai panas dan percikan api.

“Untuk perempuan usia 65 digendong oleh laki laki yang usia 35. adaat berada di depan rumah. Juru padam langsung membasahi danru dan korban dengan selamat. Alhamdulilah, 4 orang yang ada di dalam rumah terselamatkan,” tuntasnya. (ram/mad)