Kerja bakti membersihkan puing-puing bangunan yang roboh akibat bencana puting beliung di Desa Segodobancang Kecamatan Tarik, Sidoarjo, Senin (15/2/2021). (Iqbal/PIJARNEWS.ID)

SIDOARJO, PIJARNEWS.ID – Komando Satuan Rayon Banser Kecamatan Tarik galang donasi dan kerja bakti membersihkan puing-puing bangunan yang roboh akibat bencana puting beliung di Desa Segodobancang, Kecamatan Tarik, Sidoarjo, Senin (15/2/2021).

Di lokasi musibah, relawan GP Ansor, Banser, dan warga setempat saling bantu membersihkan puing-puing rumah yang roboh akibat puting beliung dan memasang kembali atap-atap yang ambruk.

Toyyib selaku Kepala Satuan Banser Rayon Tarik mengatakan, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat, BPBD Sidoarjo, aparat kemanan, dan TNI untuk mengidentifikasi jumlah bangunan yang rusak dan memastikan jika ada korban jiwa.

ÔÇťAnsor-Banser bertindak cepat ketika mendengar kabar ada bencana angin puting beliung, tahap koordinasi sudah kami jalankan esoknya (hari ini) kami langsung turun ke lapangan untuk membantu warga,” katanya.

“Kemarin hujan sangat deras mulai sore hingga malam hari disertai angin sangat kencang, sehingga sahabat-sahabat Banser terkendala untuk terjun ke lapangan. Baru bisa dilakukan kerja bakti sekarang ini dan alhamdulillah personil Relawan Ansor dan Banser terdistribusi ke semua titik lokasi yang rusak terkena angin puting beliung,” imbuhnya.

Menurut Toyyib, Relawan Ansor dan Banser yang dikerahkan sejumlah 5 personil ditambah personil Banser Siaga Bencana (Bagana) dari Pimpinan Cabang 7 personil.

Sementara itu menurut Sampurno, Kaur Kesra Desa Segodobancang menyampaikan puji syukurnya karena tidak ada korban jiwa, dan rumah yang rusak juga tidak terlalu banyak.

BACA JUGA :  Pencarian ABK TB Mitra Jaya XIX, Kantor SAR Surabaya Kerahkan KN SAR Antasena

Selain itu, warga yang terdampak maupun tidak memiliki semangat gotong-royong yang sangat tinggi, sehingga begitu ada musibah semua tergerak untuk saling membantu.

Angin puting beliung yang menerjang Desa Segodobancang juga menyebabkan sebelas rumah rusak, empat di antaranya cukup parah, pos kamling rusak berat, hingga kandang peternakan ayam milik warga pun ambruk. (iqb/fzi/mad)

Reporter: Iqbal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here