Trenggalek
Prosesi Pemakaman Mantan Bupati Trenggalek, Jendral Purn Soedarso. (Hadi/PIJARNEWS.ID)

TREMGGALEK, PIJARNEWS.ID – Mantan Bupati Trenggalek Kolonel Purn. H Soedarso tutup usia. Bupati Trenggalek dua periode ini menghembuskan nafas terakhir pukul 01.00, Senin (15/1/2021) dini hari.

Kolonel Purn. Soedarso sendiri menjabat Bupati di Trenggalek pada tahun 1975 hingga tahun 1980 dan tahun 1980 hingga tahun 1985.

Pratomo Hadi, putra pertama Alm. Kolonel Purn. Soedarso membenarkan kabar meninggalnya H. Soedarso. “Kira-kira pukul 01.00 dini hari tadi bapak meninggal,” tutur pria ini.

Kurang lebih 6 bulan, H. Soedarso mengalami sakit penyumbatan pada pembuluh darah. “Seperti asam urat. Sempat masuk rumah sakit 4 hari kemudian pulang, terus masuk lagi perawatan,” terang pria yang akrab disapa Tomi itu.

“Dua bulan terakhir tidak mau makan, tapi tensi darah baik (ada perawat yang mengontol kesehatan beliau setiap hari),” lanjut Tomi menjelaskan.

Kolonel Purn. Soedarso dimata keluarga dikenang sebagai sosok yang disiplin, jujur, tegas dan suka menghargai pendapat orang lain.

Sifat-sifat seperti ini yang selalu diajarkan kepada putra putrinya. Masih lekat juga diingatan Tomi, bagaimana ketegasan dan kedisiplinan beliau selama menjabat bupati di Trenggalek. “Beliau sangat disiplin, tegas dan tidak pernah terlihat marah-marah,” tutupnya.

Pemakaman mantan bupati yang juga tercatat sebagai Veteran Kemerdekaan ini di laksanakan secara militer. Upacara pemakanam dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0806 Trenggalek, Letkol Arh. Uun Samson Sugiharto di Taman Makam Pahlawan Karangsoko Trenggalek.

BACA JUGA :  Trenggalek Bersiap Lakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro

Turut hadir dalam pemakaman ini Sekda Trenggalek, Ir. Joko Irianto, M.Si., Ketua DPRD, Samsul Anam, SH., MH., dan beberapa pejabat dilingkup pemkab Trenggalek serta sejawat Veteran pejuang kemerdekaan yang hadir. (hdi/mad)

Kontributor: Hadi Prasetyo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here