Kejari
Proses pemusnahan barang bukti di halaman Kejari Jember. (Andi/PIJARNEWS.ID)

JEMBER, PIJARNEWS.ID – Jelang akhir masa jabatannya Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember musnahkan barang bukti dalam 74 perkara yang telah berkekuatan hukum tetap, Kamis (18/2/21) siang di halaman Kejari Jember.

Prima Idwan Mariza selaku Kepala Kejaksaan Negeri Jember menjelaskan barang bukti yang dimusnahkan meliputi 69.354 butir pil trihexyphenidyl (logo Y), 73.143 butir dextromethropan, sabu 8,29 gram dan uang palsu senilai Rp 2.100.000.

“Yang kita musnahkan ini, BB yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap dan dilaksanakan berdasarkan putusan hakim,” ungkapnya.

Disamping itu juga ada beberapa barang bukti lainnya yang turut dimusnahkan. Diantaranya celurit, palu, handphone, dan alat hisap sabu.

Prima melanjutkan, pemusnahan barang bukti tersebut terdiri dari beragam tindak pidana. Misalnya tindak pidana kejahatan, perampokan, dan penyalahgunaan obat-obatan.

Lebih jauh Prima menjelaskan, pemusnahan barang bukti rutin pihak Kejari lakukan sebagai bentuk akuntabilitas kepada publik. “Langkah pemusnahan ini sebagai bentuk keterbukaan kami kepada masyarakat,” sambungnya.

Bahwasannya, barang bukti hasil tindak pidana langsung dimusnahkan selapas kasus yang bersangkutan berkekuatan hukum tetap. Di sisi lain agar gudang penyimpanan barang bukti milik Kejari Jember tidak penuh.

Kajari menambahkan, pemusnahan barang bukti kali ini ia nilai spesial. Karena dalam kesempatan tersebut PLH Bupati Jember yang baru saja menjabat turut hadir dalam pemusnahan barang bukti.

Selain itu juga, pemusnahan ini sebagai tanda perpisahan dirinya dari jabatan Kajari Jember. Lantaran 2-3 Minggu lagi Prima akan meninggalkan jabatan Kajari Jember. (as/mad)

BACA JUGA :  Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi, Ini Deretan Kasus Besar yang Diungkap Listyo Sigit Prabowo di Bareskrim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here