Plh Bupati Ponorogo, Agus Pramono. (Foto: Sony)

PONOROGO, PIJARNEWS.ID – Mengingat pandemi yang belum berakhir Pemkab Ponorogo akan mengeluarkan kebijakan percepatan pencairan anggaran Covid-19 untuk desa-desa di Ponorogo.

Plh Bupati Ponorogo, Agus Pramono mengatakan bahwa kebijakan dilakukan setelah Kabupaten Ponorogo masuk dalam 6 kabupaten atau kota yang pencairannya lancar.

“Pemerintah Desa dan Kelurahan wajib menyediakan anggaran untuk penanganan Covid-19 di tahun ini sebesar delapan persen dari total nilai anggaran,” kata Agus, Kamis (18/2/2021).

Agus berharap dengan adanya pos anggaran tentang penanganan Covid-19, tidak ada lagi keluhan terkait pelaksanaan PPKM bersbasis mikro. Sebab sudah masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2021, oleh sebab itu dari desa untuk segera mengajukan APBD desanya.

“Setiap desa tentu berbeda-beda besaran DD yang diterima, jika dihitung rata-rata 50-100 juta untuk penanganan Covid-19,” imbuh Agus.

Agus menyebutkan, nantinya pelaksanaan anggaran sudah disiapkan pemerintah, dan nantinya akan ditransfer ke APBDes. Hingga saat ini di Ponorogo sudah ada 89 desa yang sudah cair pendanaannya.

“Saat ini terus berproses, sehingga 307 desa dan kelurahan bisa kita laksanakan,” tutup Agus. (son/mad)

BACA JUGA :  Ormas DPC GCI di Lumajang Bagikan Masker di Sekitar Lereng Semeru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here