Covid
Proses pengantaran jenazah menggunakan prokes Covid-19 oleh PMI Jember. (Andi/PIJARNEWS.ID)

JEMBER, PIJARNEWS.ID – Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember telah melakukan pengantaran dan pemakaman jenazah menggunakan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 sebanyak 226 kali.

Hal itu, disampaikan oleh Zaenal Marzuki selaku Ketua PMI Kabupaten Jember, sabtu (20/2/2021).

Zaenal mengatakan, sejak dilaunching awal bulan April 2020 lalu, layanan ambulans jenazah PMI Jember selalu mendapat permintaan pengantaran dan pemakaman jenazah dengan menggunakan standart Covid-19.

Namun demikian, tidak semua jenazah yang diantarakan dan dimakamkan itu, terkonfirmasi positif Covid-19.

“Seluruh jenazah yang dimakamkan menggunakan protokol kesehatan, tidak semuanya positif Covid-19. Ada juga jenazah yang tercatat sebagai suspek maupun pasien dengan status lainnya,” terang Zaenal.

Zaenal mengingatkan, bahwa pandemi COVID-19 belum berakhir, untuk itu, masyarakat terus menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), disiplin menjalankan protokol kesehatan berupa 3M yakni mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

“Dengan cara seperti itu, secara terus menerus bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pencegahan sehingga penambahan harian kasus Covid-19 bisa berkurang dan dapat menekan tingkat kematian di Jember,” katanya.

Untuk diketahui, dari data yang dirilis satgas Covid-19 Pemkab Jember hingga saat ini tercatat, kasus positif Covid-19 di kabupaten Jember mencapai 6.340 pasien, dengan rincian pasien sembuh sebanyak 5.830 orang, pasien meninggal sebanyak 394 orang dan pasien yang masih menjalani perawatan sebanyak 116 orang. (as/mad)

BACA JUGA :  Kepala Dinas Pertanian Jatim Jabat Plh Bupati Jember

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here