Foto: Polisi Resort Kota Madiun berkunjung di Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun untuk memberikan pendidikan tertib lalu lintas di jalan raya, (arif/pijarnews.id)

Madiun – Maraknya kecelakaan lalu lintas yang dialami pelajar, menginisiasi pihak Kepolisian Resort (Polres) Kota Madiun melakukan kunjungan di lembaga-lembaga sekolah untuk memberi pendidikan tertib lalu lintas di jalan raya, salah satunya dilakukan di Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun. Sabtu, (5/10/2019).

Kanit Dikyasa Polresta Madiun, merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang berada di bawah Kasat Lantas untuk melakukan pembinaan partisipasi dan pendidikan masyarakat tentang lalu lintas ini, mereka datang di Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun bersama 4 perwiranya.

Sekaligus dikemas dalam acara Carakter Building yang merupakan kegiatan rutin pembinaan bulanan anak asuh di dalam panti, penanaman budaya keselamatan berlalu lintas sejak usia dini menjadi fokus pembicaraan, hal ini demi meningkatkan pengetahuan kepada anak didik mengenai pentingnya keselamatan berlalu lintas demi menurunkan angka kecelakaan yang terjadi.

Fakta saat ini memang jalan raya seolah menjadi lautan kendaraan, terutama sepeda motor yang banyak dipakai oleh masyarakat umum. Pertumbuhan sepeda motor di kota Madiun dalam 3 tahun terakhir ini, diperkirakan meningkat tajam.

AIPDA Sulaiman, Kanit Dikyasa Polresta Madiun menuturkan bahwa kecelakaan bisa menghampiri siapa saja dan kapan saja, maka berkendara dengan hati-hati dan selalu waspada dalah kunci utama. Karena seringkali kecelakaan lalu lintas biasanya didahului dengan pelanggaran lalu lintas.

“Kecelakaan lalu lintas tidak mengenal siapapun, kapanpun dan status sosial, semua bisa mengalaminya. Bagi yang tidak memperhatikan keselamatan lalu lintas, akan berakibat fatal dalam hidupnya”, tuturnya.

BACA JUGA :  Dua Aktivis Meninggal, AMM Bondowoso Lakukan Audiensi dengan Kepolisian

Sebagai generasi muda tentu harus dapat berperan serta dalam meningkatkan keselamatan lalu lintas, dimulai dari diri sendiri dan memberikan perubahan pada lingkungan keluarga serta masyarakat.

“Dari sekolah dan keluarga juga merupakan sarana untuk memberi kesadaran terhadap keselamatan lalu lintas di dalam masyarakat”, tegas AIPDA Sulaiman.

Anak asuh Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun cukup memperhatikan serius, Ahmad Afandi salah satu anak asuh mengungkapkan, “Saya senang sekali dengan acara ini, karena dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman saya dalam berkendara di jalan raya”, ungkapnya

Pada kesempatan ini, AIPDA Sulaiman juga memberikan door prize atau bagi-bagi hadiah kepada anak asuh, bagi yang mampu menjawab pertanyaan diakhir sesi acara.

Reporter: Arif Kurniawan

Editor: Milada RA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here