Sukses Mendarat, Rover Perseverance Milik NASA Siap Eksplorasi Planet Mars

0
35
NASA
Robot penjelajah Mars Perseverance usai mendarat di permukaan Mars. (Foto: NASA/JPL-Caltech)

TEKNOLOGI, PIJARNEWS.ID – Robot luar angkasa Rover Perseverance milik NASA telah tiba dengan selamat di permukaan Planet Mars. Robot ini akan mengeksplorasi permukaan planet merah selama 6 bulan ke depan untuk mencari jejak kehidupan dan penemuan-penemuan baru lainnya.

Perseverance berhasil mendarat dengan selamat di kawah Jezero Crater setelah menghadapi teror 7 menit,” lapor NASA, Jum’at, (19/2/2021).

Setelah sukses mendarat, Perseverance langsung mengirimkan gambar pertama dari Mars. Foto itu sampai ke Bumi dalam waktu 11 menit sejak dipotret Perseverance, mengingat jarak pengiriman sinyal yang begitu jauh.

Hello, world. My first look at my forever home. #CountdownToMarspict

— NASA’s Perseverance Mars Rover (@NASAPersevere) February 18, 2021

Meski banyak gambar yang buram dengan debu beterbangan, kualitas gambar yang diambil kamera Perseverance cukup baik. Mengingat rover canggih buatan NASA itu dapat bermanuver di berbagai medan.

Nasa menjanjikan dalam beberapa hari ke depan, kualitas foto yang dikirimkan Perseverance akan lebih baik lagi. Sebab NASA memang membekali banyak kamera canggih di dalamnya.

“Ini adalah rover paling canggih yang pernah dikirimkan oleh lembaga antariksa itu ke planet merah. Ia akan mengumpulkan data dan mencari tanda-tanda kehidupan kuno di kawah yang dulu merupakan sebuah danau pada 3,9 miliar tahun silam,” jelas NASA.

Perseverance jadi wahana luar angkasa kedua setelah Hope dari Uni Emirat Arab yang baru saja tiba beberapa hari sebelumnya, diikuti oleh Tianwen-1 dari China. Hope sebatas melakukan penelitian di orbit sedangkan Tianwen-1 akan menurunkan rover dalam beberapa bulan mendatang.