Transportasi
Robot TIGER. (Ilustrasi/hyundainews)

TEKNOLOGI, PIJARNEWS.ID – Pabrikan otomotif asal Korea Selatan Hyundai meluncurkan inovasi produk masa depan. Kali ini, Hyundai meluncurkan robot inovatif masa depan yang menggabungkan mobilitas dan robotika.

Robot itu diberi nama TIGER, robot mobilitas cerdas itu diluncurkan secara daring melalui kanal YouTube resmi Hyundai. Sedangkan TIGER sendiri merupakan singkatan dari Transforming Intelligent Ground Excursion Robot (TIGER).

TIGER dikembangkan oleh New Horizons Studio yang merupakan Departemen Mobilitas Hyundai, bekerja sama dengan perusahaan desain perangkat lunak asal Amerika Serikat Autodesk.

TIGER memiliki struktur yang mirip dengan konsep mobil berjalan ‘Elevate’ dari Hyundai Motor yang diluncurkan pada Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Las Vegas.

Memiliki panjang 80 sentimeter, lebar 40 sentimeter dan berat 12 kilogram, dan memiliki empat kaki dengan roda yang dapat diperpanjang, sehingga membuatnya mampu bergerak ke segala arah di medan yang sulit sekalipun.

TIGER pertama adalah model konsep X-1, dengan X menunjukkan status eksperimentalnya. Menariknya, TIGER didesain bisa digunakan di bumi maupun luar angkasa.

Robot tersebut dapat digunakan untuk tujuan eksplorasi dan penelitian ilmiah, mengangkut persediaan medis darurat, atau melakukan tugas multiguna di medan yang sulit diakses kendaraan biasa. TIGER juga mampu bergerak ke samping dan dapat dengan mudah berubah arah saat dibutuhkan.

“Kendaraan seperti TIGER dan teknologi yang tertanam di dalamnya, memberi kami kesempatan untuk lebih mendorong imajinasi kami. Kami terus memikirkan cara untuk meningkatkan desain dan pengembangan kendaraan serta mendefinisikan kembali masa depan transportasi dan mobilitas,” kata Kepala New Horizons Studio John Suh seperti dilansir Koreatimes.

BACA JUGA :  Dianggap Mengganggu, Pagar Pasar Eks Pasar Stasiun di Bongkar Bupati Ponorogo

Hyundai mengatakan, TIGER dapat digunakan untuk menjelajahi bulan atau planet lain. Di Bumi, TIGER dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan produk, obat-obatan dan makanan ke daerah yang terkena bencana alam atau tempat yang sulit diakses sekalipun. (fzi/mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here