Menu

Mode Gelap
Saud El-Hujjaj : Lima Hal untuk Melihat Konflik di Timur Tengah Komunikasi UMM Latih SMA Muhammadiyah 1 Denpasar Membuat Video Pendek Kuliah Tamu Prodi Sosiologi: Persiapan Indonesia Menuju Negara Industri Sinergisitas AUM Tingkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah SMA Muga Parengan Hidupkan HW Melalui LKP

Lingkungan · 5 Jun 2024 08:20 WIB ·

Ketua APEKSI Dukung Konsep Tata Kelola Perkotaan yang Ramah Lingkungan


					Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Eri Cahyadi Perbesar

Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Eri Cahyadi

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Eri Cahyadi mendukung terlaksananya konsep tata kelola perkotaan yang mengedepankan aspek ramah lingkungan dan nyaman untuk dihuni oleh seluruh masyarakat.

“Ada beberapa kota yang sudah menjadi kota yang ramah anak berulang kali, itu kami jadikan satu, bagaimana kiat-kiatnya,” ujarnya di Surabaya, Selasa (4/6/2024).

Ia menyatakan beberapa kota di Indonesia sejauh ini sudah ada yang menerapkan konsep tersebut, di antaranya Surabaya, Surakarta, dan Semarang. Ia juga mengingatkan agar seluruh kota di Indonesia bisa memenuhi standar ramah lingkungan dan kenyamanan, maka diperlukan sistem terpadu yang memuat kelebihan di masing-masing daerah.

“Sehingga nanti dilihat oleh perwakilan dari wali kota yang ada di Indonesia untuk disempurnakan menjadi satu kekuatan besar,” ungkapnya.

Ketua APEKSI yang juga Wali Kota Surabaya ini optimistis, melalui sistem terpadu itu, maka beragam persoalan di setiap wilayah perkotaan bisa terselesaikan.

“Masing-masing kelebihan di setiap kota itu nantinya bisa disinergikan dengan kebijakan presiden dan pemerintah pusat untuk kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa konsep kota masa depan harus ramah lingkungan dan nyaman dihuni. Konsep tersebut dia jelaskan untuk memperbaiki kekeliruan pandangan masyarakat bahwa kota masa depan itu berarti banyak gedung pencakar langit atau bangunan beton.

“Menurut saya, dan sekarang ini sudah mulai ada sebuah paradigma baru, kota yang baik adalah kota yang ramah pejalan kaki, kota yang ramah terhadap penyandang disabilitas, kota yang ramah terhadap pesepeda, kota yang ramah terhadap anak dan perempuan,” jelas Presiden ketika membuka Rakernas XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2024 di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

BPBD Jateng: Total 21 Desa, 14 Kecamatan, 7 Kabupaten/Kota Terdampak Kekeringan

10 Juli 2024 - 21:05 WIB

DPMD Kabupaten Situbondo: Tiap Tahun Ada Penambahan Status Desa Mandiri

10 Juli 2024 - 21:01 WIB

BPBD Jatim: 13 kabupaten di Jawa Timur dinyatakan siaga kekeringan

10 Juli 2024 - 13:32 WIB

BPBD Kabupaten Pasuruan Tentukan Titik Waspada Dampak Musim Kering

30 Mei 2024 - 19:12 WIB

Wahid Foundation Selenggarakan Eco-Peace Forum 2024

25 Mei 2024 - 21:03 WIB

Kemendes PDTT Ingatkan Pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB) BUMDes di Setiap Desa

19 April 2024 - 08:24 WIB

Trending di Lingkungan