Menu

Mode Gelap
Saud El-Hujjaj : Lima Hal untuk Melihat Konflik di Timur Tengah Komunikasi UMM Latih SMA Muhammadiyah 1 Denpasar Membuat Video Pendek Kuliah Tamu Prodi Sosiologi: Persiapan Indonesia Menuju Negara Industri Sinergisitas AUM Tingkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah SMA Muga Parengan Hidupkan HW Melalui LKP

Pendidikan · 17 Mei 2024 14:24 WIB ·

Lulusan Terbaik, Proses Tak Menghianati Hasil


					Hidayatur Rohmah, Rizqina Mukarromah, Zahra Nada Novalina Perbesar

Hidayatur Rohmah, Rizqina Mukarromah, Zahra Nada Novalina

MALANG, PIJARNEWS.ID – Adagium yang menyatakan bahwa proses tak menghianati hasil menjadi absah adanya. Hal itu yang terjadi pada sosok mahasiswi Hidayatur Rohmah, gadis mungil yang selalu ceria dinobatkan sebagai lulusan terbaik pertama Tingkat Fakultas dengan IPK, 3,97.

Sementara Rizqina Mukarromah menjadi lulusan terbaik Tingkat Fakultas kedua dengan IPK, 3.96. Bahkan tidak ketinggalan teman karibnya, Zahra Nada Novalina menjadi lulusan terbaik ketiga tingkat jurusan dengan IPK 3,90. Tiga sahabat yang kemana-mana selalu bersama ini membuktikan bahwa persahabatan itu penting, dan memilih sahabat dalam rangkat meraih prestasi juga lebih penting.

Penyematan lulusan terbaik tersebut dilakukan saat Yudisium Sarjana untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Periode II Tahun 2024. Acara yang berlangsung pada Selasa (07/05/2024) di Aula BAU UMM ini dihadiri oleh seluruh jajaran Dekanat FISIP, dosen-dosen, serta 148 mahasiswa dan mahasiswi.

Dalam suasana penuh suka cita, Hidayatur Rahma, atau akrab disapa Rahma, membagikan rahasia kesuksesannya.

“Tipsnya mungkin seperti mahasiswa pada umumnya ya. Seperti nurut dosen, belajar dengan sungguh-sungguh, dan mengerjakan tugas tepat waktu.Namun yang utama adalah selalu meminta doa restu dari orang tua sebelum melakukan apapun,” ujarnya.

Begitupun Rizqina Mukarromah juga memberikan pesan berharga kepada para juniornya.

Sebenarnya tidak ada tips yang khusus. Biasanya, setiap masuk semester baru saya membuat target dan tujuan yang ingin dicapai, baik dari segi nilai maupun pemahaman materi. Keaktifan di kelas sangat penting, seperti bertanya, menjawab, dan berdiskusi,” ungkapnya.

Selain itu, evaluasi setiap akhir semester juga perlu dilakukan untuk mengetahui apa yang perlu diperbaiki dan dipertahankan. Hidup dengan keseimbangan antara akademik dan kehidupan sosial juga penting, salah satunya bisa dibangun melalui keikutsertaan dalam berorganisasi.

Dengan semangat dan optimisme, para wisudawan terbaik ini berharap agar pencapaian mereka dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi. Termasuk juga ilmu yang mereka peroleh selama di bangku kuliah dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pawai Ta’aruf Perguruan Muhammadiyah Tebluru Ada Topi Mahkota Hingga Elpiji

18 Juli 2024 - 20:16 WIB

Wamen LHK di UMM Dorong Wisudawan Peduli Alam Indonesia

18 Juli 2024 - 20:12 WIB

Ponpes Internasional Malik Fadjar Langsung Terima Banyak Santri

14 Juli 2024 - 10:14 WIB

Ketum PP Muhammadiyah Tegaskan Pancasila Dasar untuk Moderat Beragama

11 Juli 2024 - 15:06 WIB

Buka Peluang Kerja di Eropa, UMM Jajaki Kerjasama dengan Eurojob Jerman

8 Juli 2024 - 18:52 WIB

Mahasiswa UMM Ciptakan Alat-Alat Bantu UMKM

5 Juli 2024 - 16:34 WIB

Trending di Pendidikan