Menu

Mode Gelap
Saud El-Hujjaj : Lima Hal untuk Melihat Konflik di Timur Tengah Komunikasi UMM Latih SMA Muhammadiyah 1 Denpasar Membuat Video Pendek Kuliah Tamu Prodi Sosiologi: Persiapan Indonesia Menuju Negara Industri Sinergisitas AUM Tingkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah SMA Muga Parengan Hidupkan HW Melalui LKP

Pendidikan · 20 Mei 2024 19:47 WIB ·

Mahasiswa UMM Dibekali Sadar Halal Life Style


					Prof. Dr. Ir. Elfi Anis Saati., MP pada kegiatan Kuliah Ahad Subuh yang diselenggarakan oleh Bagian Pengembangan AIK MKWK dan Badan Pemakmuran Masjid UMM, Minggu (19/5/2024). Perbesar

Prof. Dr. Ir. Elfi Anis Saati., MP pada kegiatan Kuliah Ahad Subuh yang diselenggarakan oleh Bagian Pengembangan AIK MKWK dan Badan Pemakmuran Masjid UMM, Minggu (19/5/2024).

MALANG, PIJARNEWS.ID – Sadar halal life style sangat erat dengan cita-cita bangsa Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Elfi Anis Saati., MP pada kegiatan Kuliah Ahad Subuh yang diselenggarakan oleh Bagian Pengembangan AIK MKWK dan Badan Pemakmuran Masjid UMM, Minggu (19/5/2024).

Menurut pakar pangan UMM ini, untuk mencapai cita-cita bangsa menuju Indonesia Emas nanti, maka kita butuh sumber daya manusia yang unggul, kemajuan teknologi yang diimbangi dengan akhlak Islami. Artinya, bangsa ini sangat membutuhkan generasi muda yang unggul dan berakhlak mulia demi tercapainya Indonesia Emas 2045.

Islam sebagai agama yang paripurna menuntun setiap urusan manusia agar tidak keluar dari fitrahnya, kita dituntun menjadi Ulil Albab juga, termasuk mengenai apa yang layak dikonsumsi (halal) dan apa yang tidak layak dikonsumsi (haram).

Sesuai surat Al-Qur’an adz-Dzaariyaat ayat 56, manusia itu diciptakan untuk menghamba kepada Allah, atau dengan kata lain beribadah kepada Allah. Termasuk didalamnya ketika memilih makanan sebagaimana diterangkan dalam surat al-Maidah ayat 87-88.

Ia menghimbau agar mahasiswa UMM memperhatikan betul barang-barang, makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari halal dan tayyib.

“Tidaklah salah jika dalam Islam, aspek halal disebut sebagai konsepsi mutu tertinggi dibandingkan dengan konsepsi mutu lainnya,” jelasnya.

Mengkonsumsi produk halal menurut keyakinan agama dan/atau demi kualitas hidup dan kehidupan, merupakan hak warga negara yang dijamin Undang-Undang Dasar 1945, sesuai falsafah Pancasila, dan merupakan ibadah.

Dengan demikian, mengkonsumsi produk halal menjadi persoalan sosial di masyarakat sekaligus menjadi tanggung jawab negara dengan basis pemikiran yang sama, yakni terjaminnya produk halal. Kejujuran produsen, kewaspadaan konsumen, serta regulasi negara, merupakan kesatuan integral penegakan hukum mengenai produk halal.

“Islam sangat memperhatikan bagaimana kita mengkonsumsi makanan. Makan tidak sekedar mengenyangkan, dan memberi sumbangan kalori. Tetapi, lebih dari itu. Makanan harus menentramkan jiwa untuk mencapai kesejahteraan batin,” tegasnya.

Ada fenomena menarik, ternyata yang berupaya menerapkan halal life style tidak hanya di kalangan negara Muslim. Tetapi negara mayoritas non Muslim juga berupaya keras ingin menerapkan halal life style dalam kehidupan mereka; Jepang, Jerman, Australia dan lain sebagainya.

Ia menjelaskan mengapa halal life style makin diminati karena sederhananya sesuatu yang halal sudah pasti baik, bersih, higienis (SPP-PIRT) dan sehat tentunya. Kemudian jika kita mengonsumsi sesuatu yang halal, dapat dipastikan akan berakibat pada hal yang baik-baik dan terhindar dari hal yang buruk.

“Halal is my life ini adalah sebuah faham. Maka jadikan uang, waktu, pikiran kita digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Mari kita sediakan makanan yang sehat, aman, halal dan ramah lingkungan,” tutupnya.

Artikel ini telah dibaca 73 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pawai Ta’aruf Perguruan Muhammadiyah Tebluru Ada Topi Mahkota Hingga Elpiji

18 Juli 2024 - 20:16 WIB

Wamen LHK di UMM Dorong Wisudawan Peduli Alam Indonesia

18 Juli 2024 - 20:12 WIB

Ponpes Internasional Malik Fadjar Langsung Terima Banyak Santri

14 Juli 2024 - 10:14 WIB

Ketum PP Muhammadiyah Tegaskan Pancasila Dasar untuk Moderat Beragama

11 Juli 2024 - 15:06 WIB

Buka Peluang Kerja di Eropa, UMM Jajaki Kerjasama dengan Eurojob Jerman

8 Juli 2024 - 18:52 WIB

Mahasiswa UMM Ciptakan Alat-Alat Bantu UMKM

5 Juli 2024 - 16:34 WIB

Trending di Pendidikan