Menu

Mode Gelap
Saud El-Hujjaj : Lima Hal untuk Melihat Konflik di Timur Tengah Komunikasi UMM Latih SMA Muhammadiyah 1 Denpasar Membuat Video Pendek Kuliah Tamu Prodi Sosiologi: Persiapan Indonesia Menuju Negara Industri Sinergisitas AUM Tingkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah SMA Muga Parengan Hidupkan HW Melalui LKP

Budaya · 10 Okt 2021 00:46 WIB ·

Mahasiswa UMM Menginisiasi Adanya Kampung Budaya Di Tulungagung


					Pendirian kampung budaya jaranan dan reog kendang yang di inisiasi oleh mahasiswa UMM. Perbesar

Pendirian kampung budaya jaranan dan reog kendang yang di inisiasi oleh mahasiswa UMM.

TULUNGAGUNG, PIJARNEWS.ID – Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyasar Karang Taruna dan warga di Dusun Bareng, Desa Dukuh, RT/RW 002/002, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Mereka mengadakan pemberdayaan untuk pendirian kampung budaya jaranan dan reog kendang Tulungagung pada Sabtu, (25/5) lalu.

Anis Farida Jamil MPd, dosen pendamping PKM-PM mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan hidup masyarakat menjadi maju dan budaya serta tradisi dapat tetap lestari. “Untuk menumbuhkan sikap bangga terhadap budaya bangsa pada diri generasi muda di Tulungagung khususnya di Desa Dukuh, meningkatkan nilai estetika dan eksistensi budaya bangsa yang diwariskan, dan bertambahnya pariwisata di Indonesia yang mengusung kebudayaan dan kearifan lokal,” katanya.

JARANAN: salah satu budaya khas tulungagung yang terus dilestarikan

Dibantu 5 mahasiswa, kegiatan ini disambut baik oleh karang taruna dan warga sekitar. Sedikitnya ada 10 mitra dan warga dusun yang turut serta, mereka terlihat antusias melaksanakan program ini. “Kegiatan ini sangat membantu masyarakat untuk melestarikan lagi budaya khas Tulungagung, apalagi kebudayaan reog kendang dan jaranan,” kata Sayuti, salah satu mitra dari PKM-PM.

Setelah program ini dilaksanakan, para mitra dan warga setempat mengisi kuisioner terkait tanggapannya mengenai kegitan tersebut. Hasilnya, seluruh mitra dan warga setempat memberikan tanggapan positif. Bahkan mereka memiliki inisiatif untuk melajutkan program ini agar kebudayaan Tulungagung lebih dikenal luas. (Hen)

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pawai Ta’aruf Perguruan Muhammadiyah Tebluru Ada Topi Mahkota Hingga Elpiji

18 Juli 2024 - 20:16 WIB

Wamen LHK di UMM Dorong Wisudawan Peduli Alam Indonesia

18 Juli 2024 - 20:12 WIB

Ponpes Internasional Malik Fadjar Langsung Terima Banyak Santri

14 Juli 2024 - 10:14 WIB

Ketum PP Muhammadiyah Tegaskan Pancasila Dasar untuk Moderat Beragama

11 Juli 2024 - 15:06 WIB

Buka Peluang Kerja di Eropa, UMM Jajaki Kerjasama dengan Eurojob Jerman

8 Juli 2024 - 18:52 WIB

Mahasiswa UMM Ciptakan Alat-Alat Bantu UMKM

5 Juli 2024 - 16:34 WIB

Trending di Pendidikan