Menu

Mode Gelap
Saud El-Hujjaj : Lima Hal untuk Melihat Konflik di Timur Tengah Komunikasi UMM Latih SMA Muhammadiyah 1 Denpasar Membuat Video Pendek Kuliah Tamu Prodi Sosiologi: Persiapan Indonesia Menuju Negara Industri Sinergisitas AUM Tingkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah SMA Muga Parengan Hidupkan HW Melalui LKP

Agama · 21 Jun 2021 08:30 WIB ·

Rakerda MUI Batu, Dewanti: Ulama Berperan Penting dalam Menjaga Kerukunan


					SOLID: Pengurus MUI Kota Batu melaksanakan rakerda untuk membahas program kegiatan yang akan dilaksanakan. Dalam kegiatan yang dihadiri Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko itu, juga digelar halalbihalal. Perbesar

SOLID: Pengurus MUI Kota Batu melaksanakan rakerda untuk membahas program kegiatan yang akan dilaksanakan. Dalam kegiatan yang dihadiri Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko itu, juga digelar halalbihalal.

KOTA BATU, PIJARNEWS.ID – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memberikan apresiasi atas peran serta MUI Kota Batu dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. Terbukti, Kota Batu selama ini cukup kondusif.

Hal itu disampaikan Dewanti saat sambutan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) sekaligus Halalbihalal di Hotel Ciptaningati, Kota Batu, Sabtu (19/6/2021). Menurut istri mantan Wali Kota Batu Edi Rumpoko tersebut, hubungan antara umat Islam dengan nonmuslim sangat baik.

“Terbukti, mayoritas warga Kota Batu beragama Islam, namun banyak sekolah tinggi agama nonmuslim,” katanya. Toleransi yang tinggi ini berkat para ulama. “Peran ulama dalam mendewasakan masyarakat cukup tinggi. Ketika tokoh agama dan tokoh masyarakat peduli dan menjaga masyarakat, maka berbagai permasalahan bisa diselesaikan,” imbuhnya.

Menurut Dewanti, sinergisitas keagamaan dan kemasyarakatan, adalah pilar penting dalam menjaga persatuan bangsa. “Implementasi nilai-nilai keagamaan adalah kemaslahatan dalam tataran kemasyarakatan. Dan itu merupakan peran semua pihak,” jelasnya.

Sementara itu, dalam Rakerda bertema “Membangun Silaturahmi Ulama, Umara, Masyarakat untuk Kemaslahatan Umat”, dihadiri Ketua MUI Jawa Timur KH. Hasan Mutawakkil Alallah, Forkopimda Kota Batu, Ketua MUI Kota Batu, dan peserta Rapat Kerja Daerah MUI. (fan)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

PCNU Kota Surabaya bagikan Daging Kurban Kepada Warga Non Muslim

18 Juni 2024 - 23:06 WIB

Idul Adha di UMM: Spirit Sosial dan Manifestasi Ketakwaan

17 Juni 2024 - 10:35 WIB

Kuota Jama’ah Haji Jawa Timur Bertambah, Ketum PP Muslimat NU: Terima Kasih Gus Menag

10 Mei 2024 - 18:43 WIB

PP Muhammadiyah Tetapkan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah

20 Januari 2024 - 22:15 WIB

Indonesia dan Arab Saudi Sepakati Kuota Haji Tahun 2024

10 Januari 2024 - 23:31 WIB

Buka MTQ Ke-XXX Tingkat Kabupaten, Bupati Pamekasan Lepas Empat Wakil Jatim di MTQ Nasional

12 September 2022 - 12:01 WIB

Trending di Agama