Menu

Mode Gelap
Saud El-Hujjaj : Lima Hal untuk Melihat Konflik di Timur Tengah Komunikasi UMM Latih SMA Muhammadiyah 1 Denpasar Membuat Video Pendek Kuliah Tamu Prodi Sosiologi: Persiapan Indonesia Menuju Negara Industri Sinergisitas AUM Tingkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah SMA Muga Parengan Hidupkan HW Melalui LKP

News · 9 Feb 2023 18:06 WIB ·

Temui Menko PMK, EMT Muhammadiyah Laporkan Kesiapan Pemberangkatan ke Turkiye


					Tim EMT bersilaturahim dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Rabu (8/2) Perbesar

Tim EMT bersilaturahim dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Rabu (8/2)

JAKARTA, PIJARNEWS.ID – Gempa berkekuatan 7,7 melanda Turkiye dan Suriah pada Senin (6/2) lalu. Dilaporkan oleh CNN, hingga hari ini terdapat 7.926 orang meninggal dunia akibat gempa tersebut.

Wakil Presiden Turkiye melaporkan, bahwa korban meninggal dunia di Turkiye mencapai 5.894 orang dan 34.819 luka-luka. Adapun White Helmets Suriah melaporkan bahwa di Suriah Barat Laut sendiri terdapat 1.220 korban.

Di hari yang sama, Pemerintah Indonesia mendapatkan permohonan bantuan dari Kedutaan Besar Turkiye untuk penanganan gempa. Yang kemudian direspon pemerintah dengan koordinasi antar stakeholder, salah satunya Muhammadiyah yang telah memiliki Tim Medis Kegawatdaruratan (Emergency Medical Team International) yang sedang dalam proses verifikasi WHO.

Atas permintaan tersebut, Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menyiapkan Tim EMT Muhammadiyah International beserta logistik dan peralatan, yang pada hari ini, Rabu (8/2) kemarin telah standby di Jakarta untuk persiapan pemberangkatan.

Berkenaan dengan persiapan pemberangkatan tersebut, Tim EMT bersilaturahim dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Bertempat di Ruang Kerja Menko PMK, hadir secara langsung Menko PMK Muhadjir Effendy, Divisi Jaringan dan Kerjasama MDMC Mashuri Masyhuda, Staff Khusus Menko PMK M Khoirul Muttaqin, Koordinator Tim EMT Response Turkey Corona Rintawan beserta perwakilan Tim EMT Donny Halim Mutiasa dan Muhammad Taufiq Ulinuha.

Dalam pertemuan tersebut dr Corona Rintawan, Koordinator Tim EMT melaporkan kesiapan personil dan logistik peralatan EMT.

“Sejumlah 23 personil Tim EMT insyaallah sudah siap, dan hari ini sudah stand by di Jakarta untuk diberangkatkan. Selain itu, logistik dan peralatan milik EMT seberat 5 ton sudah dikirim dari Yogyakarta dan siang tadi sudah sampai juga di Jakarta,” ungkap dr Corona.

Selanjutnya, dokter spesialis emergency itu juga menjelaskan bahwa EMT Muhammadiyah International akan berangkat ke Turkiye bersama lembaga-lembaga lainnya, seperti : Puskris Kemenkes, organisasi profesi kedokteran dan kesehatan, Tim Kesehatan TNI, dll.

Menko PMK Muhadjir Effendy menyambut silaturahim tersebut dengan baik. Ia berpesan kepada Tim EMT Muhammadiyah International yang akan berangkat ke Turkiye untuk berkoordinasi aktif dengan Kementerian Kesehatan, dan stakeholder lainnya.

“Tim EMT Muhammadiyah International bersama lembaga lainnya akan menjadi Tim Kemanusiaan dari Indonesia yang akan membantu Pemerintah dan masyarakat Turkiye. Basarnas melalui INSARAG-nya juga akan segera bergerak untuk membantu evakuasi di sana,” kata Muhadjir.

Rencananya EMT Muhammadiyah International akan diberangkatkan lusa, bersama dengan lembaga lainnya dari Indonesia, dan akan bertugas selama 14 hari.

Selain berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia, MDMC PP Muhammadiyah juga sudah berkoordinasi dengan Lazismu dan PCIM Turkiye terkait respon Muhammadiyah dalam penanggulangan bencana gempa di Turkiye. (Redaksi)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Provinsi Jabar Jadi Daerah Terpadat Di Idonesia

20 Juli 2024 - 16:01 WIB

Kadin DPMD Blitar Pastikan Anggaran Gaji Kades Sudah Tersedia

19 Juli 2024 - 20:49 WIB

Pemkab Kudus Serahkan SK Perpanjangan Masa Jabatan Kepada 118 Kepala Desa

18 Juli 2024 - 20:09 WIB

Pemkab Kediri Gelontorkan Rp.51,45 Miliar Untuk Pembangunan Infrastruktur Jalan Tingkat Desa

18 Juli 2024 - 20:03 WIB

Cegah Urbanisasi, Dirjen Bina Pemdes Tingkatkan P3PD

17 Juli 2024 - 18:58 WIB

Pendamping Desa, Salah Satu Pilar Penopang Kinerja Kemendes PDTT

15 Juli 2024 - 19:16 WIB

Trending di News