Menu

Mode Gelap
Saud El-Hujjaj : Lima Hal untuk Melihat Konflik di Timur Tengah Komunikasi UMM Latih SMA Muhammadiyah 1 Denpasar Membuat Video Pendek Kuliah Tamu Prodi Sosiologi: Persiapan Indonesia Menuju Negara Industri Sinergisitas AUM Tingkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah SMA Muga Parengan Hidupkan HW Melalui LKP

Pendidikan · 20 Agu 2021 11:27 WIB ·

Mahasiswa PAI UMM Kenalkan Media Pembelajaran Rainbow Quiz


					KREATIF: Septi Nurjanah mahasiswi UMM menunjukkan media pembelajaran rainbow quiz. Tak hanya itu, dara yang akrab disapa Septi ini juga membagikan cara pembuatan media pembelajaran ini. Perbesar

KREATIF: Septi Nurjanah mahasiswi UMM menunjukkan media pembelajaran rainbow quiz. Tak hanya itu, dara yang akrab disapa Septi ini juga membagikan cara pembuatan media pembelajaran ini.

MALANG, PIJARNEWS.ID – Mengurangi kebosanan pembelajaran daring, salah satu Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PPL) Laboratorium Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, kelompok 11 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menghadirkan media pembelajaran konvensional.

“Media ini digunakan untuk mereview ulang materi yang telah saya sampaikan di pekan sebelumnya, sehingga saya dapat mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dalam menangkap materi tersebut,” ujar Septi Nurjanah.

Septi melanjutkan, media tersebut bernama “Rainbow Quiz”, yang terdiri dari 30 nomor dengan warna yang berbeda. Setiap baris terdapat bintang/siswa terbebas dari menjawab pertanyaan yang disajikan. Selain bintang juga terdapat soal-soal ringan terkait materi sebelumnya.

“Alhamdulillah mayoritas siswa memberikan respons yang positif, dan mereka terlihat sangat antusias untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan,” katanya. Selain cocok digunakan sebagai media pembelajaran, cara pembuatan media ini juga sangat mudah. Bahan-bahan yang digunakan adalah kertas kosong A4, kertas origami, dan double tip.

Septi kemudian menjelaskan langkah-langkah pembuatannya. Pertama, gunting kertas origami berwarna cerah membentuk persegi panjang sebanyak 30 buah. Kedua, gunting kertas origami berwarna hitam atau gelap membentuk lingkaran kecil sebanyak 30 buah dan garis panjang sebanyak 6 buah.

Ketiga, gunting kertas origami berwarna kuning membentuk bintang sebanyak 8 buah. Keempat, ambil kertas kosong A4, tempelkan semua kertas origami garis panjang berwarna hitam dengan menggunakan double tip. Kelima, kemudian tempelkan kertas origami berwarna cerah pada garis panjang yang sudah ditempelkan menggunakan double tip.

Keenam, tulis soal/pertanyaan ringan pada kertas persegi panjang tersebut kemudian tempelkan juga 8 buah bintang secara acak. Ketujuh, gunakan potongan kertas origami yang berbentuk lingkaran kecil hitam sebagai penutupnya, lalu rekatkan dengan double tip. Kedelapan, beri nomor pada masing-masing kertas berwarna cerah. “Setelah itu, media pembelajaran ini siap digunakan,” ujar Septi. (rob/fan)

Artikel ini telah dibaca 110 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pawai Ta’aruf Perguruan Muhammadiyah Tebluru Ada Topi Mahkota Hingga Elpiji

18 Juli 2024 - 20:16 WIB

Wamen LHK di UMM Dorong Wisudawan Peduli Alam Indonesia

18 Juli 2024 - 20:12 WIB

Ponpes Internasional Malik Fadjar Langsung Terima Banyak Santri

14 Juli 2024 - 10:14 WIB

Ketum PP Muhammadiyah Tegaskan Pancasila Dasar untuk Moderat Beragama

11 Juli 2024 - 15:06 WIB

Buka Peluang Kerja di Eropa, UMM Jajaki Kerjasama dengan Eurojob Jerman

8 Juli 2024 - 18:52 WIB

Mahasiswa UMM Ciptakan Alat-Alat Bantu UMKM

5 Juli 2024 - 16:34 WIB

Trending di Pendidikan