Menu

Mode Gelap
Saud El-Hujjaj : Lima Hal untuk Melihat Konflik di Timur Tengah Komunikasi UMM Latih SMA Muhammadiyah 1 Denpasar Membuat Video Pendek Kuliah Tamu Prodi Sosiologi: Persiapan Indonesia Menuju Negara Industri Sinergisitas AUM Tingkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah SMA Muga Parengan Hidupkan HW Melalui LKP

Pendidikan · 28 Agu 2021 10:10 WIB ·

UMM Lahirkan Profesional dan Wirausahawan Melalui Kelas Udang


					Kelas profesional udang yang ada di Program Studi (Prodi) Akuakultur, Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Perbesar

Kelas profesional udang yang ada di Program Studi (Prodi) Akuakultur, Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP)

MALANG, PIJARNEWS.ID – Beragam kelas profesional telah disediakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bagi para mahasiswa, tidak terkecuali Kelas Profesional Udang yang ada di Program Studi (Prodi) Akuakultur, Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP). Pada Rabu (25/8) lalu, kelas tersebut melepas para pesertanya untuk terjun langsung di dunia industri di Pantai Blado, Kecamatan Munjungan, Trenggalek. Dr Fauzan MPd, Rektor UMM, turut hadir dan memberikan dorongan moril kepada para peserta.

Ganjar Adhywirawan Sutarjo, Ketua Prodi Akuakultur menjelaskan, bahwa kelas profesional ini pada dasarnya terdiri dari dua tahapan. Tahapan pertama, yakni penyampaian materi yang diberikan di kelas secara tatap maya. Setelah dua bulan mengikutinya, para peserta baru bisa dilepas dan ditempatkan di lokasi magang yang telah disediakan. “Pada tahapan kedua ini, mereka akan ditempa dan diberi pemahaman di tempat magang, yakni di lokasi para mitra yang dimiliki oleh UMM. Hingga nanti di akhir kegiatan akan mendapatkan sertifikat kompetensi,” terangnya.

Ganjar, –panggilan akrabnya– juga mengatakan, bahwa mahasiswa yang mengikuti kelas profesional ini akan ditempatkan di 16 mitra yang tersebar di berbagai daerah. “Mereka diharapkan dapat mengikuti satu siklus budidaya produksi udang. Dengan begitu, akan banyak ilmu yang diserap, tidak hanya secara teori namun juga praktik langsung di lapangan,” ujar Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, nantinya akan ada monitoring untuk melihat perkembangan kelas udang tersebut. “Selain itu, juga akan dilakukan evaluasi menyeluruh agar ada peningkatan mutu dalam pelaksanaannya. Proses evaluasi tidak hanya dilakukan oleh pihak UMM, tapi juga diselenggarakan bersama-sama dengan para mitra yang telah dimiliki,” imbuhnya.

Secara terpisah, Dr. Ir. David Hermawan, MP. IPM, selaku Dekan FPP UMM menilai, kegiatan ini dapat menjadi pemacu mahasiswa untuk lulus tepat waktu. Mengingat seluruh aktivitas tersebut dapat dikonversikan dengan mata kuliah yang relevan, diantaranya aquapreneurship, penyuluhan dan komunikasi perikanan, KKN, serta PKL. Bahkan akan dipertimbangan untuk dijadikan skripsi. ”Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di UMM,” tuturnya.

Rektor UMM, Dr Fauzan mengapresiasi aktivitas Kelas Profesional Udang ini. Ia berharap akan ada peningkatan dalam aspek dan kompetensi budidaya udang. Dengan begitu, para mahasiswa bisa menapaki karir di bidang udang atau bahkan mampu menjadi wirausaha di bidang tersebut. “Ini saatnya peserta Kelas Profesional Udang untuk senantiasa mengasah segala kecakapan, keterampilan, dan juga sikap kerja di dunia nyata”, tutupnya menjelaskan. (Hen)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pawai Ta’aruf Perguruan Muhammadiyah Tebluru Ada Topi Mahkota Hingga Elpiji

18 Juli 2024 - 20:16 WIB

Wamen LHK di UMM Dorong Wisudawan Peduli Alam Indonesia

18 Juli 2024 - 20:12 WIB

Ponpes Internasional Malik Fadjar Langsung Terima Banyak Santri

14 Juli 2024 - 10:14 WIB

Ketum PP Muhammadiyah Tegaskan Pancasila Dasar untuk Moderat Beragama

11 Juli 2024 - 15:06 WIB

Buka Peluang Kerja di Eropa, UMM Jajaki Kerjasama dengan Eurojob Jerman

8 Juli 2024 - 18:52 WIB

Mahasiswa UMM Ciptakan Alat-Alat Bantu UMKM

5 Juli 2024 - 16:34 WIB

Trending di Pendidikan