Menu

Mode Gelap
Saud El-Hujjaj : Lima Hal untuk Melihat Konflik di Timur Tengah Komunikasi UMM Latih SMA Muhammadiyah 1 Denpasar Membuat Video Pendek Kuliah Tamu Prodi Sosiologi: Persiapan Indonesia Menuju Negara Industri Sinergisitas AUM Tingkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah SMA Muga Parengan Hidupkan HW Melalui LKP

Pariwisata · 29 Nov 2023 17:40 WIB ·

65 Desa Wisata dapat penghargaan Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0


					Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno Perbesar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno

JAKARTA, PIJARNEWS.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengucapkan terima kasih kepada seluruh penggerak desa wisata (local champion) di 65 desa wisata dalam acara Malam Penghargaan Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0 di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Minggu kemarin (26/11/2023).

“Terima kasih kepada seluruh penggerak desa wisata yang telah memberikan inspirasi bagi kita. Saya berharap perjuangan teman-teman tidak berhenti hari ini, tapi terus terus membangun desa wisata dan menghadirkan kontribusi, pemikiran, dan komitmen. Saatnya kita menjawab tantangan dengan peluang,” ujarnya sebagaimana dikutip oleh Kompas. com

Pada kesempatan itu, Sandiaga mengatakan KSW 5.0 merupakan upaya pihaknya untuk membawa sebuah perubahan positif demi mewujudkan desa wisata yang berkualitas. “Kami berharap bahwa kampanye Desa Wisata 5.0 ini akan membangun resilience atau ketangguhan dan ketahanan dari unit terkecil dari desa wisata kita, yaitu bapak ibu sekalian penggerak desa-desa wisata,” ungkapnya.

Penghargaan KSW 5.0 diberikan kepada para local champion di 65 desa wisata yang sebelumnya telah mendapat pelatihan dan pendampingan secara penuh. Meski program KSW 5.0 telah memasuki tahap akhir, Sandiaga berharap, dampak positif kegiatan ini dapat terus berlanjut melalui berbagai bentuk inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Sebagai informasi, berikut peraih penghargaan dalam KSW 5.0. Kategori Kepala Desa/Lurah Terbaik diberikan kepada enam desa, yaitu Kampung Wisata Sosromenduran di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kampung Wisata Purbayan di DIY, Desa Wisata Podokoyo di Pasuruan, Jawa Timur (Jatim). Kemudian, Desa Wisata Rembitan di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Desa Wisata Lumban Suhi-Suhi di Samosir, Sumatera Utara (Sumut).

Penghargaan KSW 5.0. kategori Local Champion Terbaik diberikan kepada enam orang, yaitu Ahmad Mundofar Ersyidik dari Desa Wisata Candirejo, Magelang, R M Rahadyan Chandra Ismaya dari Kampung Wisata Kadipaten, DIY, Purna Irawan dari Desa Wisata Poncokusumo, Malang, Lukman dari Desa Wisata Jerowaru, Lombok Timur, dan Risman dari Desa Wisata Papagarang, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Penghargaan KSW 5.0. kategori Diseminasi Sadar Wisata diraih oleh Desa Wisata Rembitan, Lombok Tengah, NTB sebagai juara tiga. Disusul Desa Wisata Bugisan, Klaten, Jateng meraih juara dua, dan posisi juara satu diberikan kepada Desa Wisata Kulati, Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sulteng).

Sementara itu, penghargaan KSW 5.0. kategori Inovasi Produk dan Pemasaran juara tiga diberikan kepada Kampung Wisata Mendut, Magelang, Jateng. Juara dua diraih oleh Desa Wisata Pasrujambe, Lumajang, Jatim, dan juara satu disabet oleh Kampung Wisata Patehan, Kota Yogyakarta, DIY.

Terakhir, penghargaan KSW 5.0 kategori Kelembagaan diberikan kepada Kawasan Perdesaan Berbasis Pariwisata Pulau Sibandang, Tapanuli Utara, Sumut sebagai juara tiga. Juara kedua diraih oleh Desa Wisata Wringinanom, Malang, Jatim, dan juara satu diberikan kepada Kampung Wisata Purbayan, Kota Yogyakarta, DIY. (msqn)

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Desa Kare Kabupaten Madiun Raih Juara 1 Ajang Madiun Tourism Award 2024

14 Juli 2024 - 16:40 WIB

Pemkab Madiun Gandeng Tim PPDB Unair Untuk Bersinergi Kembangkan Sektor Pariwisata

8 Juli 2024 - 19:00 WIB

Menparekraf Luncurkan Semarak Event Unggulan di Desa Wisata 2024

3 Juli 2024 - 15:09 WIB

Wisata Alam Buatan Sumber Raje Raih Juara 2 Dalam Festival Desa Wisata

30 Juni 2024 - 18:20 WIB

Kemenparekraf Dorong Penguatan Pengarusutamaan Gender

21 Juni 2024 - 16:20 WIB

Pemkab Mojokerto Tingkatkan SDM Desa Wisata Melalui Program Rekognisi Pembelajaran Lampau

14 Mei 2024 - 08:28 WIB

Trending di News