Menu

Mode Gelap
Saud El-Hujjaj : Lima Hal untuk Melihat Konflik di Timur Tengah Komunikasi UMM Latih SMA Muhammadiyah 1 Denpasar Membuat Video Pendek Kuliah Tamu Prodi Sosiologi: Persiapan Indonesia Menuju Negara Industri Sinergisitas AUM Tingkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah SMA Muga Parengan Hidupkan HW Melalui LKP

Pendidikan · 15 Agu 2021 14:40 WIB ·

Bidik Bibit Atlet, Dispendik Jatim Gelar Turnamen E-Sport Tingkat SMA


					East Java Student Championship 2021 Perbesar

East Java Student Championship 2021

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jawa Timur bersama E-Sport Indonesia (ESI) Jatim menggelar turnamen E-Sport untuk pelajar tingkat SMA. Kompetisi yang didukung PT PLN dan Pelindo III itu, tidak hanya mencari bibit atlet berbakat. Namun juga diharapkan dapat mendorong pendidikan kognitif pada anak usia remaja.

Informasi yang disampaikan Dispendik Jatim menyebutkan, pendaftaran turnamen tingkat nasional itu dibuka dari tanggal 15-28 Agustus 2021. Hingga kini, sudah ada ratusan tim yang mendaftar. Panitia menargetkan tiga ribu tim yang mengikuti kompetisi bertajuk East Java Students Championship 2021 tersebut. Adapun pendaftarannya dapat di akses melalui bit.ly/StudentChampionship.

Kepala Dispendik Jatim Wahid Wahyudi menjelaskan, saat ini cabang E-Sports sudah diakui negara. “Karena itu, Dispendik berupaya mendorong pertumbuhan olahraga di bidang digital tersebut. Kami sengaja melibatkan sekolah untuk ikut aktif mendukung pendidikan olahraga,” jelasnya.

Pejabat yang akrab disapa Wahid itu menjelaskan, selama ini banyak kesan negatif akan E-Sports. “Padahal, olahraga itu memiliki manfaat yang cukup banyak. E-sport mendorong kemampuan koginitif anak sekolah,” katanya. “E-sports juga melatih memori dan mendorong pelajar berpikir kritis,” imbuhnya kemudian.

Menurut Wahid, hadiah yang diberikan dalam lomba tersebut cukup menggiurkan. Selain piagam penghargaan, materi perkembangan E-Sports dari ESI, serta total hadiah puluhan juta diperebutkan. Babak penyisihan akan dimulai, Sabtu (4/9/2021) hingga Selasa (28/9/2021). Nantinya, hanya tim pemenang yang berhak tampil di Grand Final East Java Students Championship 2021 yang akan digelar pada 9 Oktober 2021. (hen)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pawai Ta’aruf Perguruan Muhammadiyah Tebluru Ada Topi Mahkota Hingga Elpiji

18 Juli 2024 - 20:16 WIB

Wamen LHK di UMM Dorong Wisudawan Peduli Alam Indonesia

18 Juli 2024 - 20:12 WIB

Ponpes Internasional Malik Fadjar Langsung Terima Banyak Santri

14 Juli 2024 - 10:14 WIB

Ketum PP Muhammadiyah Tegaskan Pancasila Dasar untuk Moderat Beragama

11 Juli 2024 - 15:06 WIB

Buka Peluang Kerja di Eropa, UMM Jajaki Kerjasama dengan Eurojob Jerman

8 Juli 2024 - 18:52 WIB

Mahasiswa UMM Ciptakan Alat-Alat Bantu UMKM

5 Juli 2024 - 16:34 WIB

Trending di Pendidikan