Menu

Mode Gelap
Saud El-Hujjaj : Lima Hal untuk Melihat Konflik di Timur Tengah Komunikasi UMM Latih SMA Muhammadiyah 1 Denpasar Membuat Video Pendek Kuliah Tamu Prodi Sosiologi: Persiapan Indonesia Menuju Negara Industri Sinergisitas AUM Tingkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah SMA Muga Parengan Hidupkan HW Melalui LKP

Lingkungan · 21 Jun 2021 09:48 WIB ·

Dukung Program Pemkab, Warga Kowel Pamekasan Dirikan Mandhapa Literasi


					TUMBUHKAN MINAT BACA: KSM Taman Asri Kowel mendirikan Mandhapa Literasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Hal itu juga sebagai dukungan pada rencana Pemkab Pamekasan menjadikan daerahnya sebagai kabupaten literasi. Perbesar

TUMBUHKAN MINAT BACA: KSM Taman Asri Kowel mendirikan Mandhapa Literasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Hal itu juga sebagai dukungan pada rencana Pemkab Pamekasan menjadikan daerahnya sebagai kabupaten literasi.

PAMEKASAN, PIJARNEWS.ID – Rencana Pemkab Pamekasan menjadikan daerahnya sebagai kabupaten literasi, mendapat apresiasi dari Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Taman Asri Kowel, Kecamatan Pamekasan.

Dukungan yang diberikan KSM Taman Asri cukup nyata. Masyarakat di Kelurahan Kowel sendiri telah mendirikan taman baca yang terletak di lokasi Taman Asri Kowel dengan nama Mandhapa Literasi.

Pengunjung bisa membaca buku sambil bersantai ria di taman secara gratis. Bahkan, pihak pengelola berencana untuk menyediakan fasilitas Wifi agar pengunjung bisa mengakses literatur-literatur online.

“Mandhapa Literasi ini akan menjadi fasilitas taman dan akan menjadi pusat kegiatan edukasi bagi para pengunjung. Kami memiliki beberapa literatur yang bisa dibaca oleh para pengunjung, mulai dari agama, sosial-budaya, ekonomi dan beberapa literatur tentang resep membuat obat tradisional dan lain-lain,” terang Ketua KSM Taman Asri Kowel M. Ali Wahdi, Minggu (20/6/2021).

Pihaknya terketuk hati untuk mendirikan fasilitas membaca tersebut, sebagai dukungan agar Kabupaten Pamekasan mampu bersaing dengan kabupaten lain. Terutama dari sisi SDM. Apalagi, zaman akan terus berkembang, sehingga masyarakatnya harus melek ilmu pengetahun, informasi dan digitalisasi.

“Kami sedang berbenah dan terus berinovasi. Ke depan pemerintah merencanakan akan menyiapkan WiFi untuk para pengunjung yang ingin belajar kelompok atau kegiatan edukasi di tempat ini,” katana.

Alumni Universitas Islam Madura ini mengatakan, sebelum mendirikan Mandhapa Literasi, pihaknya berdiskusi dengan sejumlah stakeholder. Mengingat banyak sekali pelajar dan mahasiswa belajar kelompok serta diskusi di area taman yang perlu mendapat fasilitas.

“Makanya kami inisiatif untuk mendirikan ruang baca. Apalagi pemkab sedang gencar-gencarnya menjadikan kabupaten ini sebagai kabupaten literasi,” tandasnya.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, pihaknya mengapresiasi semangat masyarakat yang ingin bersama-sama berjuang memajukan Pamekasan. Salah satunya dengan mendirikan fasilitas membaca.

Mantan anggota DPRD Jawa Timur dua periode ini berjanji akan memberikan fasilitas tambahan berupa wifi di daerah tersebut. Wifi itu tidak akan diberikan secara cuma-cuma kepada pengunjung. Melainkan ada syarat yang harus dipenuhi. Misalnya harus hapal lagu Indonesia Raya, Padamu Negeri, dan lagu kebangsaan lainnya. (fan)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

BPBD Jateng: Total 21 Desa, 14 Kecamatan, 7 Kabupaten/Kota Terdampak Kekeringan

10 Juli 2024 - 21:05 WIB

DPMD Kabupaten Situbondo: Tiap Tahun Ada Penambahan Status Desa Mandiri

10 Juli 2024 - 21:01 WIB

BPBD Jatim: 13 kabupaten di Jawa Timur dinyatakan siaga kekeringan

10 Juli 2024 - 13:32 WIB

Ketua APEKSI Dukung Konsep Tata Kelola Perkotaan yang Ramah Lingkungan

5 Juni 2024 - 08:20 WIB

BPBD Kabupaten Pasuruan Tentukan Titik Waspada Dampak Musim Kering

30 Mei 2024 - 19:12 WIB

Wahid Foundation Selenggarakan Eco-Peace Forum 2024

25 Mei 2024 - 21:03 WIB

Trending di Lingkungan