Menu

Mode Gelap
Saud El-Hujjaj : Lima Hal untuk Melihat Konflik di Timur Tengah Komunikasi UMM Latih SMA Muhammadiyah 1 Denpasar Membuat Video Pendek Kuliah Tamu Prodi Sosiologi: Persiapan Indonesia Menuju Negara Industri Sinergisitas AUM Tingkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah SMA Muga Parengan Hidupkan HW Melalui LKP

Kesehatan · 13 Jun 2021 04:34 WIB ·

Target Temukan 600 pasien TBC, Yabhysa Nganjuk Lakukan Penyegaran Kader


					REFRESH: Yabhysa Nganjuk melakukan penyegaran kader dalam proses pendampingan pada pasien TBC. Mereka mencanangkan bisa mendampingi hingga 600 pasien di tahun 2021. Perbesar

REFRESH: Yabhysa Nganjuk melakukan penyegaran kader dalam proses pendampingan pada pasien TBC. Mereka mencanangkan bisa mendampingi hingga 600 pasien di tahun 2021.

NGANJUK, PIJARNEWS.ID – Yayasan Bhanu Yasa Sejahtera (Yabhysa) Kabupaten Nganjuk menargetkan pendampingan pada 600 penderita TBC di tahun 2021. Target pendampingan itu merupakan langkah awal untuk target utama, mengeliminasi TBC di Nganjuk pada tahun 2030.

Ketua Yabhysa Emil Subhan mengatakan, pendampinga pada ratusan penderita TBC itu tak bisa dilakukan sendiri. “Butuh peran serta dari pihak terkait. Terutama pencanangan target eliminasi TBC di Nganjuk pada 2030,” katanya di sela-sela kegiatan Refreshment Community Cadre Updating Contact Investigation, Rabu (9/6/2021).

Dalam kegiatan tersebut, 30 dari 110 kader TBC yang dimiliki Yayasan Yabhysa hadir di acara yang digelar di Front One Ratu Hotel Nganjuk. Tujuan kegiatan ini yakni penyegaran ulang terkait sejumlah kemampuan pendamping. Mulai, investigasi kontak, penemuan terduga TBC, dan pendampingan pengobatan.

Kemudian, meningkatkan pemahaman dan kemampuan kader TBC komunitas dalam melaksanakan kegiatan penanggulangan TBC di masyarakat. Termasuk menyediakan kebutuhan pasien tanpa stigma dan diskriminasi.

Dalam kegiatan tersebut, Yayasan Yabhysa menghadirkan pemateri dari Dinas Kesehatan yang menyampaikan analisa situasi TBC di Nganjuk. Sementara materi teknis tentang TBC disampaikan PJ TB Puskesmas Kertosono. Sedangkan materi komunikasi dan pemberdayaan disampaikan pengurus Yabhysa.

Kegiatan tersebut dibuka anggota DPRD Nganjuk Fauzi Irwana. Ia mengapresiasi keterlibatan masyarakat dalam pendampingan pada pasien TBC. “Kami bangga dan sangat mengapresiasi keberadaan masyarakat yang ikut terlibat dalam penanganan Kesehatan di Nganjuk,” katanya. Kegiatan penanggulangan TBC yang dimiliki Yabhysa ini baik dan harus disinergikan dengan program-program pemerintah. (fan)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Unair Gelar Seminar Deteksi Kelelahan Berbasis Audiovisual di Kare

27 September 2023 - 18:19 WIB

Sinergi Penurunan Angka Stunting, Dinsos Jombang Adakan Sosialisasi

27 Juni 2023 - 13:47 WIB

Edukasi Masyarakat tentang TBC, Dinkes Nganjuk adakan Talkshow

12 April 2023 - 08:48 WIB

Wujudkan Eleminasi TBC Tahun 2030, Dinkes Nganjuk Gandeng Yabhysa

7 April 2023 - 21:14 WIB

Waspada Covid-19 Naik, Unair Adakan Workshop

5 November 2022 - 09:46 WIB

MDMC Utus Pimpinan Ikuti Pelatihan Manajemen Risiko Bencana di Australia

10 September 2022 - 14:20 WIB

Trending di Kesehatan